Ga Bisa Dibilangin!
"Assalamu 'alaykum" itu kalimat yang keluar dari mulut saya ketika memasuki rumah saat siang tadi setelah solat zuhur dimusolah sekolah setelah mengajar. "wa'alaykum salam" tampak wajah istriku seraya menjawab salam ku tadi. Bukan tanya kabar saya dulu tapi dia langsung lontarkan keluhan tentang anak kami yang berulah. "Aduuh udah susah ini anak dikasih tau. Ga bisa dibilangin!" Geram istriku karna si abang ga mau tidur siang.
Penasaran karna siabang ga mau tidur siang saya mulai mengkorek alasannya kenapa ga mau tidur siang. "Bang ko belum tidur siang. Tar sore ga usah main ya pas teman-teman main" pertanyaan saya satu paket dengan multimatum. "Abang banyak kerjaan neh" sautnya sambil repot kutak-katik mainannya. Dan Gooool.. Saya kena "blunder" dari anak saya. Itu kalimat yang saya sering gunakan saat malam kalau saya ada deadline, saya tidak bisa nemenin dia tidur karna harus menyelesaikan pekerjaan saya.
Ok, malam ini saya rubah jam kerja. Saya harus tidur lebih awal bareng anak saya, dan bangun lebih pagi untuk menyelesaikan pekerjaan saya.
Siang itu kita berhasil ajak anak kami tidur siang meski saya dan istri ikutan tidur siang banreng anak. ga lama azan Asar mulai riuh menyambut sore. Saya segera bergegas ke musolah sekolah.
Sampai di musolah sekolat siswa masih saja banyak yang bercanda dan belum berwudu. Guru-guru juga baru ada beberapa orang.
Tiba-tiba saat saya hampiri seorang guru yang sudah tiba lebih dulu melontarkan keluhan yang mirip dengan istri saya. "Anak-anak mangkin susah dibilangin, udah denger azan bukannya bergegas!" Keluhnya dengan muka masam.
Soal yang ini saya ga ngerasa kena blunder atau pinalti. Sesaat saya liat disekitar. Ada guru yang baru dateng, ada yang ngobrol sesama guru, ada yang repot ngurus siswa buat bersegera ambil wudu tapi si pak guru blm ambl wudu..
Ternyata saya buka cuma kena blunder, yang ini kami guru-guru kena blunder masal. Kasusnya sama juga dirumah saya dengan anak saya.
Murit kami mencontoh kami. Itu sebabnya mereka ga bisa cuman dikasih tau atau dibilangin. Mereka perlu contoh. Para siswa perlu contoh guru yang begegas saat Azan berkumandan, segera merapat kemusolah. Berwudu dan mengerjakan solat sunah atau berzikir menanti iqomah, bukan ngobrol atau repot menyuruh-nyuruh yang "jatohnya" jadi berlebihan, para siswa perlu contoh melihat guru yang berlomba mengambil saf terdepan sebelum qomat selesai, bukan repot menyuruh mereka berdiri disaf terdepan bahkan ada yang menyuruh belum ambil wudu.
Saya jadi mulai terpikirkan kalau-kalau ada sikap yang salah juga saat mengajar dikelas karna mereka memfigurkan gurunya. Atau mereka memfigurkan orangtua mereka. Sehingga ada pengaruh pada karakter anak.
Ok, mulai sekarang saya rubah cara mengajarnya bukan dengan cara MENGAJARKAN tapi dengan cara MENCONTOHKAN.
0 komentar